Hadiah HUT RI dari KCIC – Masinis Whoosh Indonesia Telah Mengemudikan Kereta Berpenumpang

Hadiah HUT RI dari KCIC – Masinis Whoosh Indonesia Telah Mengemudikan Kereta Berpenumpang

KEPRIBETTER.COM – Dalam semangat perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 dengan tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju,” KCIC mempersembahkan hadiah istimewa bagi bangsa Indonesia. Untuk pertama kalinya, masinis Indonesia telah berhasil mengemudikan kereta cepat Whoosh dengan penumpang di dalamnya, menandai era baru transportasi modern yang kini telah mulai dioperasikan oleh para putra bangsa.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, Tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju” mengisyaratkan transformasi besar yang sedang terjadi di Indonesia, dan pencapaian keberhasilan masinis indonesia telah bisa mengemudikan kereta Whoosh dengan penumpang merupakan bukti konkret dari visi tersebut. Komitmen KCIC akan terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi canggih ini menjadi langkah besar menuju kemandirian di sektor perkeretaapian dan wujud nyata dari semangat kemerdekaan.

“Saat ini, sejumlah masinis Indonesia telah berhasil lulus ujian On-the-Job Training (OJT) tahap 2 dan melangkah ke tahap 3. Ini bukan hanya pencapaian teknis, tetapi juga simbol kemandirian dan kemajuan SDM Indonesia dalam mengelola teknologi transportasi modern,” ujar Eva.

Pada OJT Tahap 3 ini, masinis Indonesia mulai mengoperasikan perjalanan Whoosh berpenumpang dengan pendampingan tim ahli sebagai pengajar dari Tiongkok. Setiap harinya, terdapat 2 perjalanan Whoosh yang dikemudikan oleh Masinis Indonesia sebagai bagian dari proses transfer knowledge atau alih pengetahuan guna perkembangan SDM Indonesia di bidang Perkeretaapian.

Para masinis ini sebelumnya telah melalui ujian yang dilakukan oleh masinis profesional dan diuji kemampuannya untuk mengoperasikan Whoosh dalam berbagai kondisi.

Secara total terdapat 600 pegawai lokal yang sedang melalui proses transfer knowledge di berbagai bidang seperti masinis, perawatan sarana, perawatan prasarana, operasional kereta dan lainnya. Kedepannya proses transfer knowledge akan terus dilakukan sesuai dengan kebutuhan SDM. KCIC akan terus meningkatkan program pelatihan dan transfer pengetahuan untuk memastikan bahwa seluruh aspek operasional dan perawatan kereta cepat dapat dilakukan secara mandiri oleh tenaga kerja lokal.

“Keberhasilan ini adalah kado dari KCIC kepada Indonesia dalam ulang tahun nya yang ke-79 dengan tema Nusantara Baru, Indonesia Maju. KCIC akan terus berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai mitra untuk memastikan bahwa Whoosh menjadi bagian penting dari kemajuan Indonesia. Dengan dukungan masyarakat dan semangat kemerdekaan, kami yakin bahwa Nusantara Baru akan terwujud, dan Indonesia akan semakin maju.” tutup Eva.

Pemerintah Provinsi Kepri